Minggu, 30 Mei 2010

Pembuatan Aplikasi Penjualan Sederhana menggunakan Microsoft Access 2007



Pendahuluan

Microsoft Access adalah suatu aplikasi yang dapat membantu kita membuat sebuah aplikasi database dalam waktu yang relative singkat. Biasanya digunakan untuk pembuatan aplikasi-aplikasi yang kecil. Misalnya program untuk kasir, penjualan, dll.

Microsoft Access 2007 adalah pilihan yang tepat untuk database yang mudah dan efektif. Keunggulan dan fasilitas pengolahan database, form, report, query tidak perlu diragukan lagi. Proses pengolahan database menjadi cepat, terintegrasi dalam satu kesatuan yang utuh (RDBMS). Tentu amat mudah dan menyenangkan menggunakan Microsoft Access 2007. Kita juga dapat membangun aplikasi dengan memanfaatkan macro ataupun pemrograman VBA (Visual Basic for Application).

Kata ini sering digunakan dalam Acess jadi kita harus pelajari agar kita menjadi tidak asing dengan kata ini.

  • Database adalah kumpulan informasi yang saling berkaitan
  • object adalah sesuatu yang ada dalam database seperti tabel, query, form atau macro
  • Table pengelompokan dari hubungan data yang berhubungan dalam field dan arsip pada datasheet. Dengan menggunakan field umum dalam 2 tabel, data bisa dikombinasikan. Banyak tabel bisa disimpan dalam database tunggal.
  • Field adalah kolom dalam dataseheet dan artinya data hasil ketikan yang disimpan dalam bentuk tabel. . Untuk tabel mailing list table juga termasuk fileld untuk nama awal, nama akhir, alamat, kota, negara, kode pos dan nomor telepon
  • Record dalam baris dalam dan nilainya didefinisikan oleh field. dalam tabel mailing list, masing masing arsip akan berisi data untuk satu orang yang diatur oleh pembagian field.
  • Design View tool yang disediakan untuk membuat fields dalam tabel.
  • Datasheet View Mengijinkan anda untuk mengupdate, mengedit dan menghapus informasi dalam tabel..

Tujuan Pembuatan Project

Pembuatan project ini diharapkan bias membuat suatu aplikasi sederhana menggunakan Microsoft Accsess. Dengan menggunakan table dan query yang telah tersedia sebelumnya kemudian dibuat suatu formulir untuk melakukan input data kedalam table dan kemudian dibuat suatu format laporan sebagai output dari database yang telah dibuat.

Pada project database akan dikerjakan beberapa hal yaitu:

- Menggunakan file database yang telah tersedia

- Membuat formulir isian untuk table database

- Membuat batasan-batasan nilai data untuk field pada suatu formulir isian

- Membuat laporan berdasarkan table database

- Mengkalkulasi ringakasan-ringkasan field pada suatu laporan

- Mengubah formulir isian dan laporan

Pembahasan

Dalam project ini kami akan menggunkana Microsoft Accsess 2007. Pada dasarnya terdapat banyak kesamaan antara Microsoft Accsess versi 2007 dengan versi sebelumnya yaitu versi 2003. Perbedaan terletak pada lay out dan tampilan jendela serta pengelompokan tool yang lebih simple dan mudah digunkan.

Terdapat beberapa bagian dalam Microsoft Access, yaitu:

- Table digunakan untuk menyimpan data

- Query digunakan untuk memanipulasi data

- Form digunakan untuk frontend aplikasi. Biasanya untuk menampilkan data, menambah data, dll.

- Report digunakan untuk membuat laporan

- Macro digunakan untuk melakukan satu atau beberapa fungsi

- Switchboard digunakan sebagai tampilan muka

Dalam project ini kami membuat suatu aplikasi sederhana untuk aplikasi penjualan. Sebelumnya telah dibuat terlebih dahulu table barang, table customer, table header penjualan, table detail penjualan, dan beberapa query yang digunakan untuk pembuatan format dan report.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar